JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Perilaku menyimpang merupakan salah satu problema psikologis, jika dibiarkan dapat
berdampak negatif. Siswa perlu dibantu untuk mengendalikan diri agar tidak menimbulkan akibat
yang merugikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan
setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian tindakan kelas ini adalah kelas IX F SMP Negeri 2 Tempeh semester 1 tahun ajaran
2016/2017. Metode analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kecenderungan penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh siswa masuk dalam kriteria tinggi
dengan persentase sebesar 68,52% pada siklus I dalam kategori tinggi dan menurun menjadi 49,31%
pada siklus II masuk dalam kategori rendah. Pelaksanaan layanan informasi bidang sosial berada pada
kriteria baik dengan rata-rata persentase sebesar 68,41% pada siklus I dan 72,12% pada siklus II. Hal
ini didukung oleh oleh 28 orang siswa yang menjadi subyek penelitian 13 (46,43%) orang siswa
berada pada kategori baik, 15 (53,57%) orang siswa berada pada kategori cukup baik pada siklus I,
sedangkan pada siklus II seluruh siswa 28 orang ( 100%) berada dalam kategori baik. Simpulan dari
penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan layanan informasi bidang sosial di kelas IX F SMP N 2 Tempeh
tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 68,41%
pada siklus I dan 72,12% pada siklus II, hal ini ditunjukkan dengan pengambilan data menggunakan
angket pelaksanaan layanan informasi bidang sosial; 2) kecenderungan penyimpangan perilaku yang
dilakukan remaja pada siswa kelas IX F di SMP N 2 Tempeh tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam
kategori tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 68,52% pada siklus I dalam kategori tinggi dan
menurun menjadi 49,31% pada siklus II, hal ini ditunjukkan bentuk kecenderungan penyimpangan
perilaku yang dilakukan siswa; 3) terdapat penurunan kecenderungan penyimpangan perilaku setelah
diadakan layanan informasi bidang sosial.

Keyword

penyimpangan perilaku, layanan informasi
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak